Sunday, April 10, 2016

Mengejar Gerhana Matahari (2)



@Dermaga Sungai Musi. Mengejar Gerhana Matahari.
Singkat cerita, kami janjian untuk ngeliat gerhana matahari bareng. Tapi ternyata kami ngga bisa ketemu karena lokasi pengamatannya dipadati oleh super buanyaaak banget sekali orang. Maklum, hari itu bertepatan dengan Hari Nyepi (libur).

Tujuan utama gw, Imas, dan Aini adalah ngeliat GMT, tapi ngga kesampean karena ada awan hitam (awan polusi?) yang menutupi matahari :’( Sedih juga cuma bisa liat sedikit-sedikit. Tapiii gw pribadi tetep hepi karena gw bisa ngerasain gimana suasana saat GMT terjadi. “Ternyata gini ya rasanya” batin gw. Dari yang awalnya terang, redup, tiba-tiba gelap banget kaya malam hari, lalu satu atau dua menit kemudian terang lagi. That was amazing. Luar biasa lah memang kuasa Tuhan. Rasanya sulit diungkapkan dengan kata-kata. Cuma bisa bilang “MasyaAllah” dalam hati. Ini video beberapa saat sebelum gelap total.



Senyum aja ya sist, meski gerhananya kealingan awan :'D
Kelar ngeliat gerhana, gw ngajak Imas, Aini, dan Thomas untuk cari sarapan. Pengennya sih makan makanan khas Palembang. Tapi karena semua stand dan food truck dipenuhi orang-orang, akhirnya kami ngga jadi makan. Dan berhubung gw harus ngejar pesawat jam 10.55 ke Jakarta, gw pamit duluan. Kami janjian untuk saling kontak karena udah saling bertukar email dan nomor hp. Lalu, berpisahlah kami bertiga… Gw ke Bandara. Imas dan Aini cari makan. Thomas jalan-jalan sendiri.

@Pempek Candy dan Bandara
Oh btw kalo mau beli oleh-oleh, ada tokonya pempek Candy di jalan ke arah Bandara. Ada paketannya. Gw beli paket paling murah yang Rp 100.000. Tapi itupun udah dapet banyak banget. Kalo ngga salah sih bisa dapet 5 pempek telur kecil, 10 adaan, dan 10 lenjer kecil. Packingannya pun rapi yaitu pakai kardus kemudian dikasih tas plastik jinjing. 

Kalo mau nyobain beberapa makanan khas Palembang, ternyata ada toko oleh-oleh yang menyediakan makanan khas Palembang seperti pempek, tekwan, celimpungan di Bandara (ada di passangers’ lounge nya). Berhubung gw penasaran sama celimpungan, gw beli deh tu celimpungan. Harganya 5000/pcs. Ikannya berasa dan kuahnya (santan kuning) gw suka karena santannya ngga terlalu berat. Gw juga nyobain puding serikaya. Enak dan harganya terjangkau menurut gw. Setelah beli oleh-oleh pempek dan makan celimpungan, gw happy banget. Ngerasa lengkap dan rasanya bisa pulang ke Jakarta dengan tenang.

Kesan Pribadi

Buat gw, solo trip Palembang itu 24 jam ter-random dalam hidup gw. Menyenangkan dan membuat gw merasa bebas. Meski gw ngga dapet tujuan utama gw (ngeliat GMT tanpa kealingan awan), gw dapet pengalaman pengganti yang ngga kalah berkesan ketika bertemu dengan temen-temen baru seperti Wulan, Imas, Aini, Wahyudi, dan tentunya Thomas. 

Pulang dari Palembang pun gw masih senyum-senyum kalo nginget-nginget betapa random (dan nekatnya) gw kenalan sama orang baru di bus kota, ngajak orang yang baru gw kenal untuk share kamar, dan berkelana sama bule baik hati yang jadi seleb dadakan. 

Buat gw, hal sebebas dan se-impulsif semacam itu ngga bisa gw lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dan mungkin hal sebebas itu mungkin ngga terjadi kalo gw ngga solo traveling. 

So, I’m thinking about another solo trip :)

4 comments:

  1. Seru yaa tripnya, walau gerhana ketutup awan. It's a rare to hear you do something unplanned, but I'm glad that you are happy :D

    ReplyDelete
  2. Ciyeee Marina punya blog! Mau dong diajakin jalan2 ke Palembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, gw tau ni gaya bahasanya Sore Hari ;) I know who you are. Hihi. Yuklah pankapan ke Palembang.

      Delete